PEMERINTAH KOTA CILEGON



TERWUJUDNYA KOTA CILEGON YANG UNGGUL DAN SEJAHTERA BERBASIS INDUSTRI, PERDAGANGAN, DAN JASA

Sejarah Kota Cilegon

Peristiwa Geger Cilegon

Selayang Pandang Kota Cilegon

Profil Kota Cilegon

Polling Masyarakat

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?
Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Sosial Media

Layanan Publik



Pembinaan Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten)

Kategori Berita | Diposting pada : 2017-05-23 -|- 02:05:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Cilegon- Pemerintah Kota Cilegon mengadakan acara Pembinaan Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Aula Setda Kota Cilegon, Senin (22/05).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Taufiqurrohman yang membuka acara tersebut menjelaskan latar belakang dilaksanakannya reformasi birokrasi yang masih belum memenuhi harapan masyarakat. “Salah satu latar belakang dilaksanakannya reformasi birokrasi adalah kualitas pelayanan publik yang belum memenuhi harapan masyarakat, dalam arti tingkat kepuasan masyarakat masih rendah, ditandai masih banyaknya keluhan-keluhan terhadap penyelenggara pelayanan publik, baik yang berkaitan dengan penyelenggara pelayanan publik yang tidak mematuhi ketentuan standar pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan yang tidak memadai, lambatnya pengurusan, mal administrasi dalam pelayanan publik, maupun sikap petugas yang kurang responsif, kurang informatif, tidak ramah, tidak mau mendengar keluhan atau saran masyarakat,” jelasnya.


Lebih lanjut, Taufiqurrohman menjelaskan pemerintah daerah akan menjalankan amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 mengenai pemerintahan daerah. “ Dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah secara tegas telah diamanatkan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat akan ditempuh melalui 3 jalur, yaitu peningkatan pelayanan publik, peningkatan peran serta dan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing, maka nampak bahwa pelayanan publik mempunyai peranan yang sangat penting sebagai salah satu tugas umum pemerintah di samping regulasi dan pemberdayaan,” ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Taufiqurrohman juga menegaskan bahwa pemerintah kecamatan sebagai salah satu unit organisasi pemerintah daerah yang mempunyai kedudukan strategis. “Pemerintah kecamatan sebagai salah satu unit organisasi pemerintah daerah mempunyai kedudukan yang strategis karena berada di garis depan (front line) yang berhadapan langsung dengan masyarakat dengan berbagai macam latar belakang, kebutuhan dan tuntutan yang selalu berubah dan berkembang,” tegasnya.


Melalui paten ini, pemerintah kecamatan menyelenggarakan 6 jenis pelayanan perizinan dan 16 jenis pelayanan non perizinan dengan maksud untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadikan kelurahan sebagai simpul penyelenggaraan paten. Maka dari itu sebagai pusat pelayanan, Kecamatan dan Kelurahan harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara proporsional berdasarkan kriteria dan kewenangan yang dimiliki sesuai dengan harapan masyarakat sebagai pengguna layanan publik.


Dengan diadakannya acara ini, Taufiqurrohman berharap kepada ombudsman perwakilan Provinsi Banten. “saya berharap kepada ombudsman sebagai lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan ini agar dapat membina, memberikan pencerahan, memotivasi dan memacu semangat kami untuk terus melaksanakan reformasi birokrasi mencegah terjadinya mal adminstrasi serta terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik agar memenuhi harapan masyarakat, memenuhi prosedur dan standar yang telah ditetapkan, mampu mendorong usaha mikro kecil dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.



List Berita Lainnya
  1. Menteri perhubungan (Menhub) Tinjau Lahan Warnasari
  2. Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-109
  3. Walikota Cilegon berikan santunan Kepada Kaum Dhuafa dan Anak Yatim '2500 Paket Sembako dibagikan'
  4. Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kota Cilegon
  5. Kuliah Akademi Farmasi Al-Ishlah Cilegon Untuk Memotivasi Menjadi Tenaga Kesehatan yang Profesional