TERWUJUDNYA KOTA CILEGON YANG UNGGUL DAN SEJAHTERA BERBASIS INDUSTRI, PERDAGANGAN DAN JASA



Sebuah kota di ujung barat Pulau Jawa yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, dengan luas wilayah administratif 175,5 Km2, terbentuk pada tanggal 27 April 1999 berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Depok dan Kotamadya Daerah Tingkat II Cilegon. Cilegon merupakan pintu gerbang utama Pulau Jawa, memiliki nilai geostrategis yang sangat penting baik dalam konstelasi lokal, regional, maupun nasional. Cilegon berada pada koordinat 5°52'24"-6°04'07" LS dan 105°54'05"-106°05'11" LU, dengan batas wilayah sebelah barat berbatasan dengan Selat Sunda, sebelah utara timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Serang, serta terbagi ke dalam 8 kecamatan dan 43 kelurahan. Kota Baja menjadi istilah Cilegon, dimana puluhan bahkan ratusan industri, baik dalam skala menengah hingga skala besar, ada di Cilegon.

Posisi strategis Cilegon turut membawa dampak yang sangat luas dalam pembangunan wilayah, baik secara nasional maupun internasional. Dengan adanya posisi strategis tersebut tentu akan menimbulkan berbagai potensi pembangunan wilayah untuk jangka panjang. Beberapa potensi yang dapat dikembangkan di Cilegon untuk jangka panjang, di antaranya adalah potensi pengembangan industri, potensi pengembangan perumahan, potensi pengembangan perdagangan dan jasa, potensi pengembangan pelabuhan dan pergudangan, potensi pengembangan pemerintahan dan bangunan umum, potensi pengembangan wisata, potensi kawasan peruntukan lainnya, potensi kawasan terminal terpadu, potensi pengembangan pertambangan non mineral, potensi pengembangan ruang terbuka hijau dan ruang terbuka non hijau, dan potensi pengembangan agrikultur.

Sejarah Kota Cilegon

Peristiwa Geger Cilegon

Selayang Pandang Kota Cilegon

Profil Kota Cilegon

Kebudayaan Kota Cilegon

Cilegon Ethnic Carnival 2016
Kesenian Bandrong Cilegon
Kesenian Golok Day Cilegon

Polling Masyarakat

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?
Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Sosial Media

Layanan Publik



Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kota Cilegon

Kategori Berita | Diposting pada : 2017-05-18 -|- 07:54:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Cilegon - Pemerintah Kota Cilegon mengadakan pameran bursa kerja (Job Fair) dengan mendatangkan 41 perusahaan yang bertempat di Joglo Sari Kuring Indah Kamis (18/05/2017). Walikota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi yang membuka acara tersebut dalam sambutannya mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon selaku penyelenggara job fair. " Saya selaku Walikota Cilegon, terlebih dahulu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Dinas tenaga kerja Kota Cilegon beserta jajaran, yang telah bekerja keras menyelenggarakan pameran bursa kerja atau job fair yang terselenggara dengan baik pada hari ini," ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Iman meminta kepada Dinas tenaga kerja untuk tidak hanya menyelenggarakan job fair ini sekali, tapi dua kali dalam setahun. "Saya telah berkomitmen untuk mengadakan acara job fair dua kali dalam setahun, sehingga kesempatan bekerja bagi masyarakat kita dapat menjadi lebih banyak lagi, untuk itu saya menginstrkusikan kepada Disnaker Kota Cilegon untuk segera mengagendakan cara job fair yang sama pada tahun ini," tegasnya. Lebih lanjut, Iman juga menjelaskan upaya Pemerintah Kota Cilegon untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon perlu bekerja sama dengan perusaahaan yang ada. "Pemerintah Kota Cilegon telah berupaya secara maksimal dalam mengatasi masalah pengangguran yang terjadi, kami sangat menyadari bahwa data angka pengangguran di Kota Cilegon menyentuh angka 11,63%, yang artinya masih sangat memerlukan kerja sama dari unsur Pemerintah dan Perusahaan untuk bersama-sama mengatasinya secara bertahap dan berkelanjutan," jelasnya. Mengenai upaya Pemerintah ini, Iman menjelaskan ada dua upaya untuk mengurangi angka pengangguran. "Kami terus berupaya mengatasi masalah pengangguran secara maksimal, Pemerintah mencoba melakukan dengan dua cara, yaitu membangun iklim investasi yang baik dan meningkatkan program-program padat karya di beberapa titik sentral di Kota Cilegon" katanya.


Pada kesempatan itu, Iman juga berpesan kepada Perusahaan untuk mengutamakan tenaga kerja yang berasal dari Kota Cilegon dalam perekrutannya. "Saya berpesan kepada Perusahaan yang ada di Kota Cilegon untuk memprioritaskan tenaga kerja yang berasal dari Kota Cilegon dalam perekrutannya, karena hal ini juga sebagai menghindari perbedaan jarak antara yang kaya dengan yang miskin sehingga iklim investasi di Kota CIlegon bisa kondusif," tuturnya. Sementara itu, Kepala Dinas Kota Cilegon, Buhori menjelaskan pada tahun ini jumlah perusahaan yang membuka lowongan di job fair bertambah. "Tahun ini terdapat 41 perusahaan yang membuka lowongan kerja di job fair ini dengan jumlah lowongan yang disediakan sebanyak 1419 lowongan kerja, jumlah ini meningkat dibandingkan dengan job fair tahun lalu yang hanya menyediakan 1062 lowongan kerja," pungkasnya.



List Berita Lainnya